Layanan penerbangan Bandara Soekarno-Hatta, Begini Prosedurnya

posted by Boutiqueoffice | August 24, 2020

Penghentian penerbangan dari dan ke area zona merah sementara dilakukan oleh pemerintah Indonesia sebagai langkah antisipasi penyebaran virus COVID-19 ini.

Namun disisi lainnya,  Kementerian Perhubungan menyatakan akan membuka kembali layanan penerbangan domestik dengan penumpang bersyarat seperti pebisnis, penumpang repatriasi, perjalanan dinas pejabat negara dan tamu negara dengan wajib menyertakan surat keterangan Negatif COVID-19 dari rumah sakit.

Dengan diberlakukannya kebijakan tersebut, satu per satu maskapai nasional mengumumkan jadwal operasi mereka. Pada hari Sabtu (9/5/2020), salah satu maskapai nasional yang sudah mulai beroperasi adalah Garuda Indonesia.

Seperti yang dilansir oleh detik.com, berikut prosedur lengkap bagi calon penumpang yang akan melakukan penerbangan di bandara Soekarno-Hatta :

1. Titik layanan keberangkatan hanya terdapat di 2 titik yaitu di Terminal 2 - Gate 4 dan Terminal 3 - Gate 3. Pada setiap titik terdapat Posko Pengendalian Percepatan Penanganan COVID-19, yang menjadi bagian dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

2. Saat berada di posko tersebut calon penumpang harus menunjukkan berkas kelengkapan perjalanan seperti misalnya tiket penerbangan, identitas diri, surat keterangan bebas COVID-19, surat keterangan perjalanan, dan berkas lain yang wajib dipenuhi sesuai SE No. 4/2020.

3. Masih di posko yang sama calon penumpang pesawat wajib mengisi kartu kewaspadaan kesehatan (Health Alert Card/HAC) dan formulir penyelidikan epidemiologi yang diberikan personel KKP.

4. Apabila seluruh berkas lengkap dan HAC serta formulir epidemiologi sudah diisi, selanjutnya calon penumpang menuju ke meja pemeriksaan kedua. Di meja pemeriksaan tersebut, seluruh berkas di cek ulang begitu juga HAC dan formulir penyelidikan epidemiologi, oleh personel KKP. Setelah dinyatakan lengkap, calon penumpang akan mendapat surat clearance dari personel KKP.

5. Berbekal surat clearance dan seluruh berkas, calon penumpang kemudian menuju konter check-in untuk mendapat boarding pass.

6. Setelah dari konter check-in, penumpang kemudian menuju Security Check Point 2. Di SCP 2 ini, personel Aviation Security akan memeriksa surat clearance yang dipegang calon penumpang pesawat, boarding pass, dan identitad diri.

7. Penumpang dapat menuju boarding lounge dan selanjutnya dapat melanjutkan perjalanan.

Tetap jaga jarak dan kesehatan.

Salam hangat dari Boutique Office Indonesia.