Ramadan Berkah dan Hemat dengan #dirumahsaja

posted by Boutiqueoffice | May 15, 2020

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Ramadhan tahun 2020 ini akan diadakan ditengah wabah virus covid-19 yang masih mengalami kenaikan kasus terinfeksi setiao harinya di Indonesia.

Akibat virus covid-19 ini mengharuskan agar setiap orang menerapkan physical distancing agar menghambat dan menghentikan penyebaran penularan lebih luas. Ini berarti tradisi-tradisi khas yang hanya muncul kala bulan Ramadhan mulai dari buka puasa bersama, salat tarawih berjamaah di mesjid, membangunkan warga saat sahur dan sebagainya, tidak akan di temui pada Ramadhan tahun ini.

Karena wabah corona, Ramadhan tahun ini akan dijalankan sepenuhnya #DiRumahAja sesuai dengan himbauan pemerintah. Meski demikian, Ramadhan akan tetap kita jalani dengan penuh berkah dirumah.

Lalu bagaimana mempersiapkan kegiatan ibadah agar tetap lancar dan berkah?

1. Menghemat Anggaran

Langkah awal persiapan untuk berbagai kebutuhan di bulan Ramadhan adalah mengatur kesiapan anggaran. Hal ini bisa membantu Anda mengurangi pengeluaran konsumsi seiring frekuensi makan dan jajan berkurang cukup banyak. Terlebih ditengah pandemi seperti ini, Anda berpeluang menjalankan bulan Ramadhan secara lebih hemat. Belum adanya kepastian sampai kapan wabah akan berlangsung, mengharuskan Anda untuk menerapkan gaya hidup sehat dan sederhana. Siapkan anggaran lebih hemat sesuai kondisi keuangan Anda saat ini.

2. Atur Daftar Kebutuhan

Salah satu cara mudah dalam membantu penghematan dalam keuangan Anda adalah dengan menuliskan daftar kebutuhan dan apa saja yang perlu Anda beli. Utamakan kebutuhan dapur dan kesehatan untuk saat ini. Hindari membeli barang yang Anda inginkan yang bukan menjadi kebutuhan Anda saat ini.

3. Belanja online hemat dan sehat

Manfaatkan aplikasi belanja online yang sudah banyak tersedia dan pergunakan voucher-voucher belanja yang biasa diberikan oleh setiap aplikasi tersebut. Setelah pesanan Anda sampai dirumah, jangan lupa untuk membersihkan kemasan paket dengan sabun atau semprot dengan cairan antiseptik.

4. Siapkan ruangan ibadah di rumah

Pemerintah dan para pemuka agama sudah menegaskan, acara beribadah saat Ramadhan hanya boleh dilakukan di dalam rumah. Ini untuk mematuhi keharusan physical distancing agar wabah bisa lekas berakhir. Supaya tetap nyaman, siapkan salah satu sudut ruangan di rumah sebagai tempat beribadah bersama keluarga.

5. Silahturami dengan video conference call

Peraturan untuk tidak mudik dan penerapan PSBB yang berlangsung saat ini, akan membuat silahturahmi yang biasanya dilakukan keliling rumah keluarga dan saudara akan ditiadakan. Solusi yang tepat untuk dapat tetap bersilahturahmi adalah dengan menggunakan aplikasi yang mendukung video conference call yang saat ini sedang tren, misalnya aplikasi Zoom.

Anda tetap dapat bersilahturahmi dengan keluarga dan saudara tercinta dengan tetap #Dirumahaja.

Ramadhan tahun 2020 ini akan menjadi penuh berkah jika kita sama-sama menerapkan aturan yang ada tanpa mengurangi komunikasi dengan keluarga dan saudara. 

Segenap Manajemen dan Tim Boutique Office Indonesia mengucapkan,

Minal Aidin Wal Faizin. Mohon Maaf Lahir dan Batin.